Gambar

Pengurus Dewan Ambalan GUDEP 05.011 - 05.012 Pangkalan MA Pesri Kendari Dilantik

Kendari, (Humas Ummusshabri)---Sabtu, 4 September 2021 Pengurus Dewan Ambalan Gerakan Pramuka GUDEP 05.011 - 05.012 Pangkalan Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri (MA Pesri) Kendari Masa Bakti 2021-2022 Dilantik.

Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Majelis Pembimbing Gugus Depan Ummusshabri ustadz Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si yang dilaksanakan dalam bentuk upacara adat kepramukaan bertempat di halaman Madrasah Terpadu yayasan Ummusshabri.

Selaku Pembina Upacara Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si dalam amanahnya mengatakan “secara history Gerakan Pramuka bagi bangsa Indonesia memiliki nilai tersendiri, sebagai organisasi yang menghimpun generasi muda gerakan pramuka telah membuktikan keterlibatannya dalam memperjuangkan kemerdekaan RI, salah satunya adalah keterlibatannya dalam mempelopori lahirnya sumpah pemuda, bahkan sampai saat ini keterlibatan Gerakan Pramuka dalam berbagai aktifitas kebangsaan dan kemasyarakatan masih tetap dirasakan, “jelasnya.

“Sebagai organisasi yang banyak melakukan kegiatan ekstrakurikuler, organisasi Gerakan Pramuka di MA Pesri Kendari diharapkan bisa menjadi wadah bagi santri untuk mengembangkan diri, mengasah mental, melatih fisik dan psikis, menanamkan jiwa sosial, dan juga menumbuhkembangkan sikap patriotisme serta kecintaan kepada tanah air, dengan demikian maka kehadirannya bisa dirasakan secara nyata dalam membantu tugas-tugas madrasah, terutama pada kegiatan-kegiatan kesiswaan/kesantrian, “harapnya.

Lebih lanjut Anwar mengatakan “sesuai dengan Undang Undang RI, No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka; pasal 4, disebutkan bahwa tujuan pramuka adalah untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup, “pesannya.

Anwar